Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah Mendampingi Gubernur Sulawesi Tengah dalam Rangka Kunjungan Kerja ke Kabupaten Buol dan Kabupaten Toli-Toli
2024-07-03

Kab. Buol, 3 Juli 2024 – Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak H. Rusdy Mastura, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Buol didampingi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah , Muhammad Neng, ST., MM Beserta Rombongan lainnya. Kunjungan ini bertujuan untuk menyerahkan secara simbolis bantuan bibit tanaman kepada para petani di daerah tersebut, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam rangka permberdayaan masyarakat dalam bidang kehutanan

Dalam acara yang digelar Di Halaman Kantor Bupati Buol, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung sektor Kehutanan, yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian daerah. “Kami menyadari pentingnya sektor Kehutanan dalam Peningkatan rehabilitasi lahan dan peningkatan ekonomi melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. Melalui bantuan bibit tanaman ini, kami berharap dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka,” ujar Gubernur H. Rusdi Mastura.

Bantuan bibit yang diserahkan meliputi Bibit Durian Musangking 1000 untuk Pokta Kehutanan, yang telah diseleksi sesuai dengan kondisi tanah dan iklim di Kabupaten Buol. Selain bantuan bibit, pemerintah juga Menyerahkan Bibit Kopi Robusta dan Penyerahan Bantuan lainnya dari OPD yg terlibat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Muhammad Neng, ST.,MM, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk Peningkatan rehabilitasi lahan dan peningkatan ekonomi melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. “Kami memberikan bibit Durian dan pelatihan teknis agar para petani dapat mengoptimalkan potensi Kehutanan di daerah mereka. Muhammad Neng, ST.,MM

Salah satu penerima bantuan, dari Desa Mokupo, mengungkapkan apresiasinya atas perhatian pemerintah. “Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Bapak Kepala Dinas Kehutanan atas bantuan ini. Bibit yang kami terima sangat berkualitas dan kami siap mengikuti pelatihan agar bisa meningkatkan hasil pertanian kami.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur H.Rusdy Mastura juga mengadakan dialog dengan Kelompok Tani Hutan untuk mendengarkan langsung aspirasi dan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Pemerintah berkomitmen untuk terus mencari solusi terbaik guna mendukung kemajuan sektor Kehutanan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Buol.

Dengan adanya program bantuan bibit tanaman ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor permberdayaan masyarakat dalam bidang kehutanan di Kabupaten Buol, meningkatkan ketahanan pangan, serta membawa kesejahteraan dan kemandirian bagi masyarakat setempat.

Sumber: PPID Dishut Prov.Sulteng