Tujuan, Sasaran dan Tugas Pokok

TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH DINAS KEHUTANAN 2016-2021


Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Kehutanan


A. Tujuan Tujuan pembangunan Dinas kehutanan dirumuskan berdasarkan analisis kondisi hutan saat ini sebagai titik tolak serta tuntunan pembangunan 5 (lima) tahun ke depan sesuai dengan fungsi dan peran Dinas Kehutanan. Tujuan pembangunan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah sampai dengan tahun 2021 adalah Memastikansumber daya hutan dan lahan di Provinsi Sulawesi Tengah terkelola dengan baik.
B.     Sasaran Sasaran Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah sampai dengan tahun 2016-2021 adalah Meningkatnya Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Lahan Secara Berkelanjutan


Strategi dan Kebijakan Dinas Kehutanan
 

A.    Strategi Strategi pembangunan merupakan bagian penting dari kegiatan perencanaan pembangunan kehutanan. Strategi merupakan pemikiran-pemikiran konseptual analitis dan komprehensif tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk memperlancar atau memperkuat pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Untuk mempercepat implementasi pencapaian visi dan misi pembangunan kehutanan, perlu dikembangkan strategi, arah kebijakan dan program pembangunan sehingga dinamika pembangunan tetap terarah menuju visi dan misi yang telah ditetapkan. Bertolak dari visi dan misi Dinas Kehutan Provinsi Sulawesi Tengah maka strategi pembangunan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016-2021 sebagai berikut:
  1. Pengembangan unit manajemen pengelolaan hutan tingkat tapak;
  2. Pengembangan produksi sumberdaya hutan;
  3. Meningkatkan upaya pencegahan kerusakan hutan dan penegakan hukum bidang kehutanan;
  4. Peningkatan efektivitas pengelolaan Taman Hutan Raya dan keanekaragaman hayati;
  5. Mendorong peningkatan rehabilitasi hutan dan lahan melalui Hutan Rakyat;
  6. Perluasan hak kelola masyarakat sekitar hutan melalui perhutanan sosial;
  7. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.
B.    Kebijakan Guna tetap menjaga serta meningkatkan keberlanjutan pembangunan kehutanan, dalam 5 (lima) tahun ke depan, Kerangka posisi dan peran pembangunan kehutanan dalam arah kebijakan pembangunan di dalam Rencana Strategis Dinas Kehutanan Tahun 2016-2021, dititik beratkan pada 4 (empat) arah kebijakan pembangunan Dinas kehutanan, meliputi:
  1. Peningkatan tata kelola hutan yang baik (goodforestgovernance) dan produktivitas SDH;
  2. Peningkatan perlindungan, konservasi sumberdaya alam dan ekosistem;
  3. Peningkatan pengelolaan DAS serta rehabilitasi hutan dan lahan;
  4. Peningkatan kapasitas dan areal kelola masyarakat serta penyelesaian konflik tenurial.